STANDAR KOMPETENSI
MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH WAL-JAMA’AH (ASWAJA) DAN KE-NU-AN
JENJANG :
SMA/SMK/MA
KELAS :
X (Sepuluh)
STANDAR KOMPETENSI :
1.
Kemampuan
mengidentifikasi, mengenal dan merekontruksi sejarah penyebaran dan dakwah
Islam di Indonesia.
2.
Kemampuan
memahami dan menerapkan dakwah Islam di Indonesia.
3.
Kemampuan
memahami hakekat paham Ahlussunnah Waljama’ah.
4.
Kemampuan
memahami perab NU dalam sejarah pembangunan bangsa.
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
1.
|
Mendeskripsikan
proses masuknya Islam ke Indonesia dan perkembangannya
|
a.
Menjelaskan
sejarah masuknya Islam di Indonesia
b.
Menyebutkan
daerah yang pertama kali kedatangan Islam
c.
Menyebutkan
tahun masuknya islam ke Indonesia
d.
Menyebutkan
cara-cara yang dilakukan dalam penyebaran Islam di Indonesia
e.
Menyebutkan
tokoh-tokoh penyebar Islam di Indonesia
f.
Menyebutkan
Negara asal pembawa Islam di Indonesia
g.
Menyebutkan
gelar yang diberikan kepada penyebar Islam di Indonesia
h.
Menyebutkan
kerajaan Islam yang pertama di Indonesia
i.
Menyebutkan
ajaran/paham ke-Islaman yang berkembang di Indonesia dan madzhab yang dianut
oleh paham tersebut
|
2.
|
Menganalisis
stategi dan media yang digunakan dalam penyebaran Islam di Indonesia
|
a.
Menjelaskan
strategi penyebaran Islam di Indonesia
b.
Menyebutkan
media yang digunakan dalam penyebaran Islam
c.
Menyebutkan
bentuk perekonomian masyarakat pada masa penyebaran Islam
d.
Menyebutkan
aspek kebudayaan local yang dimanfaatkan dalam penyebaran Islam
e.
Menyebutkan
pendekatan politik yang dilakukan dalam penyebaran Islam di Indonesia
|
3.
|
Memahami
peran dan fungsi pondok pesantren dalam upaya penyebaran Islam di Indonesia
|
a.
Menjelaskan
latar belakang berdirinya pondok pesantren
b.
Menyebutkan
kapan berdirinta pondok pesantren
c.
Menjelaskan
strategi, fungsi dan peran pondok pesantren dalam penyebaran Islam
d.
Menyebutkan
model kajian yang dilakukan dilingkungan pondok pesantren
e.
Menyebutkan
bentuk pendidikan yang dikembangkan pada awal berdirinya pondok pesantren
f.
Menjelaskan
perbedaan pondok pesantern dengan lembaga pendidikan lainya
g.
Menyebutkan
hal-hal yang menjiwai pondok pesantren
|
4.
|
Menganalisis
proses kelahiran Nahdlatul Ulama
|
a.
Menjelaskan
pola kehidupan beragama dan kondisi sosial ekonomi masyarakat Indonesia
sebelum lahirnya NU
b.
Menjelaskan
latar belakang lahirnya NU
c.
Menyebutkan
tahun berdirinya NU
d.
Menjelaskan
dasar pemikiran lahirnya NU
e.
Menyebutkan
tokoh-tokoh pendiri NU
f.
Menjelaskan
perjuangan politik kebangsaan NU, bentuk pemberdayaan ekonomi NU dan strategi
peningkatan sumber daya manusia yang dikembangkan oleh para ulama
g.
Menyebutkan
tujuan pembentukan syirkah-syirkah di lingkungan NU
h.
Menyebutkan
kapan lahirnya KH. Hasyim Asy’ari
i.
Menyebutkan
pola pemikiran KH. Hasyim Asy’ari untuk NU
j.
Menyebutkan
karya-karya KH. Hasyim Asy’ari
|
5.
|
Memahami organisasi
(jam’iyyah) NU
|
a.
Menyebutkan
prinsip-prinsip keagamaan dan kemasyarakatan NU
b.
Menjelaskan
secara sederhana Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga NU
c.
Menyebutkan
tahun diakuinya keberadaan NU sebagai organisasi yang berbadan hukum
d.
Menyebutkan
poin-poin pokok Anggaran Dasar NU
e.
Menyebutkan
pembagian tugas dalam keorganisasian NU
f.
Menyebutkan
sistem dan fungsi kepengurusan NU
g.
Menyebutkan
sistem dan perangkat organisasi NU
h.
Menyebutkan
jenis-jenis pemusyawaratan dan cara pemusyawaratan NU
|
6.
|
Mendeskripsikan
peran, posisi dan perjuangan NU dalam dinamika sejarah bangsa
|
a.
Menjelaskan
aktivitas NU pada awal terbentuknya organisasi tersebut
b.
Menyebutkan
pembinaan yang dilakukan NU pada masa penjajahan Belanda
c.
Menjelaskan
gerakan dan program prioritas NU pada masa pendudukan Jepang
d.
Menjelaskan
posisi NU pada masa pendudukan Jepang
e.
Menjelaskan
ide-ide ulama NU dalam membentuk dasar Negara
f.
Menjelaskan
pola pemikiran NU dalam menentukan bentuk Negara kesatuan
g.
Menyebutkan
konsep NU tentang pergantian isi butir piagam Jakarta
h.
Menyebutkan
sumbangan NU dalam proses berdirinya Negara Indinesia
i.
Menyebutkan
isi revolusi jihad
j.
Menjelaskan
peran NU dalam bidang politik dan pemerintahan
k.
Menjelaskan
bentuk-bentuk perjuangan NU dalam bidang pemikiran keagamaan, ekonomi, sosial
dan budaya
l.
Menjelaskan
peran dan sumbangan NU dalam memper-juangkan pendidikan di Indonesia
m.
Menjelaskan
peran NU pada masa reformasi
n.
Menjelaskan
proses terbentuknya partai politik dilingkungan NU
o.
Menyebutkan
tujuan dibentuknya partai politik di ling-kungan NU dan upaya-upaya apa saja
yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut
p.
Menjelaskan
dan menyebutkan isi Tausiyah yang dikeluar-kan oleh PBNU di Cilegon
|
Sumber PC IPNU Sumedang
yng kelas XI, XII ada pak?
BalasHapus