Senin, 07 Januari 2013

Silabus Pendidikan Aswaja Kelas XI SMA/SMK


STANDAR KOMPETENSI
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH WAL-JAMA’AH (ASWAJA) DAN KE-NU-AN

JENJANG                             : SMA/SMK/MA
KELAS                                 : XI (Sebelas)

STANDAR KOMPETENSI :
1.    Kemampuan memahami, meyakini dan melestarikan paham Ahlussunnah Wajama’ah secara mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.   Kemampuan mengidentifikasi dan menganalisis firqah-firqah dalam Islam: latar belakang, proses terbentuknya dan dampak-dampaknya.
3.      Kemampuan menganalisis madzhab-madzhab dalam Aswaja dan memedomaninya.

NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1.        
Menghayati makna paham Ahlussunnah Waljama’ah dan menerapkanya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan latar belakang terbentuknya paham Ahlussunnah Waljama’ah
b.       Menjelaskan kapan terbentuknya firqah-firqah dalam Islam
c.       Menyebutkan latar belakang terjadinya perang Sifin
d.       Menyebutkan orang yang mempopulerkan istilah Ahlussunnah Waljama’ah
e.       Menyebutkan prinsip yang digunakan Ahlussunnah Waljama’ah
f.        Menjelaskan prinsip-prinsip Ahlussunnah Waljama’ah
g.       Menyebutkan ajaran Ahlussunnah Waljama’ah di bidang akidah
h.       Menyebutkan metode moderat yang digunakan dalam Ahlussunnah Waljama’ah
i.         Menyebutkan sumber hukum Ahlussunnah Waljama’ah di bidang fiqh
j.         Menyebutkan cara Ahlussunnah Waljama’ah dalam memahami Al-Qur’an dan Sunnah
k.       Menjelaskan proses Ahlussunnah Waljama’ah dalam menentukan suatu hukum
l.         Menyebutkan dasar Ahlussunnah Waljama’ah dalam menentukan nilai suatu sikap atau perbedaan
m.    Menyebutkan prinsip-prinsip Ahlussunnah Waljama’ah dalam memahami masalah-masalah kemasyarakatan
n.       Menyebutkan paham yang digunakan Ahlussunnah Waljama’ah di bidang fiqh/syari’ah
o.       Menjelaskan pengertian tashauf di kalangan Ahlussunnah Waljama’ah
p.       Menjelaskan ajaran Ahlussunnah Waljama’ah di bidang tashauf
q.       Menyebutkan maqam-maqam pada bidang tashauf menurut Ahlussunnah Waljama’ah
2.        
Mendeskripsikan pelestarian ajaran Ahlussunnah Waljama’ah dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan cara penyampaian ajaran Ahlussunnah Wal-jama’ah kepada generasi penerus
b.       Menyebutkan urutan-urutan generasi yang menerima ajaran Ahlussunnah Waljama’ah
c.       Menjelaskan tantangan yang dihadapi dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Waljama’ah
d.       Menyebutkan ilmu-ilmu yang dibutuhkan dalam upaya pengembangan ajaran Islam berhaluan Ahlussunnah Waljama’ah
e.       Menjelaskan peranan ulama dalam pewarisan ajaran Islam kepada generasi penerus
f.        Menyebutkan strategi NU melestarikan paham Ahlus-sunnah Waljama’ah
g.       Menyebutkan wadah yang didirikan NU dalam memper-kenalkan dan melestarikan paham Ahlussunnah Waljama’ah
3.        
Mendeskripsikan firqah-firqah yang berkembang dalam islam
a.       Menyebutkan latar belakang timbulnya perbedaan pen-dapat dikalangan umat Islam
b.       Menjelaskan sebab-sebab dan proses timbulnya firqah-firqah dalam Islam
c.       Menjelaskan pengertian Firqah
d.       Menyebutkan Firqah-firqah yang berpengaruh dalam Islam
e.       Menyebutkan pengertian firqah yang berpengaruh
f.        Menyebutkan pandangan firqah-firqah yang berkembang
g.       Menyebutkan pengertian “ahlu l-‘adl-I wa t-tawhid”yang berkembang pada kaum Ma’tazilah
h.       Menyebutkan metode berfikir Asy’ariyah dan Maturidiyah
i.         Menyebutkan beberapa perbedaan mendasar antara Asy’ariyah dan Maturidiyah
4.        
Mengidentifikasi posisi dan hubangan Ahlussunnah Waljama’ah diantara firqah-firqah yang ada
a.       Menjelaskan perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah status mukmin dan kafir
b.       Menjelaskan perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah kebaikan dan keburukan
c.       Menjelaskan perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah ikhtiar manusia
d.       Menjelaskan perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah kekuasaan Allah SWT
e.       Menjelaskan perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah sifat Allah SWT
5.        
Menjelaskan ketentuan-ketentuan bagi seorang mujtahid
a.       Menyebutkan syarat-syarat menjadi mujtahid
b.       Menyebutkan tingkatan mujtahid
c.       Menyebutkan pandangan ulama Ahlussunnah Waljama’ah tentang kriteria mujtahid
6.        
Menjelaskan ijtihad dan taklid, batasan-batsan dan sumber hukumnya
a.       Menyebutkan pengertian ijtihad
b.       Menyebutkan pengertian ijtihad menurut para sahabat
c.       Menyebutkan pengertian ijtihad dalam istilah fiqh
d.       Menyebutkan pengertian ijtihad dalam istilah ushul fiqh
e.       Menyebutkan dasar hukum ijtihad
f.        Menyebutkan beberapa dasar yang dipakai sebagai pembenaran ijtihad
g.       Menyebutkan batsan ijtihad
h.       Menyebutkan ruang lingkup ijtihad
i.         Menyebutkan dalil yang menjelaskan tentang sumber hukum Islam
j.         Menyebutkan cara ijtihad dalam masalah yang tidak di sebutkan secara harfiyah dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah
7.        
Mendeskripsikan taklid, ittiba’, tarjih dan talfiq
a.       Menyebutkan pengertian taklid secara bahasa dan istilah
b.       Menyebutkan hukum taklid menurut ajaran Ahlussunnah Waljama’ah
c.       Menyebutkan pengertian ittiba’, tarjih dan talfiq, baik secara bahasa maupun istilah
d.       Menyebutkan pandangan ulama ushul fiqh dan fiqh tentang talfiq
8.        
Mengenalisis madzhab-madzhab yang ada dalam Islam dan dasar pemikiran NU tentang kehidupan bermadzhab
a.       Menyebutkan macam-macam madzhab
b.       Menyebutkan imam-imam madzhab
c.       Menjelaskan pengertian madzhab dan bermadzhab
d.       Menjelaskan hakekat bermadzhab
e.       Menjelaskan alasan yang menjadi dasar dalam bermadzhab
f.        Menyebutkan 2 (dua) macam cara bermadzhab
g.       Menyebutkan bentuk penerapan bermadzhab
h.       Menyebutkan manfaat mengikuti madzhab
i.         Menyebutkan pandangan beberapa kelompok ulama tentang madzhab
j.         Menjelaskan pandangan NU tentang bermadzhab
k.       Menyebutkan prinsip-prinsip NU dalam bermadzhab
9.        
Menjelaskan cara-cara penganbilan keputusan hukum di lingkungan NU
a.       Menyebutkan pengertian bahtsul masail
b.       Menyebutkan fungsi bahtsul masail
c.       Menjelaskan pengertian bermadzhab secara qauli
d.       Menjelaskan pengertian bermadzhab secara manhaji
e.       Menjelaskan cara penerapan madzhab manhaji
f.        Menjelaskan pengertian istinbat jama’iy
g.       Menyebutkan tata cara pengambilan keputusan hukum dalam kerangka bermadzhab
h.       Menyebutkan hasil keputusan Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Kongres NU di Bandar Lampung

0 komentar:

Posting Komentar