STANDAR KOMPETENSI
MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH WAL-JAMA’AH (ASWAJA) DAN KE-NU-AN
JENJANG :
SMA/SMK/MA
KELAS :
XI (Sebelas)
STANDAR KOMPETENSI :
1. Kemampuan
memahami, meyakini dan melestarikan paham Ahlussunnah Wajama’ah secara
mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kemampuan mengidentifikasi
dan menganalisis firqah-firqah dalam Islam: latar belakang, proses terbentuknya
dan dampak-dampaknya.
3. Kemampuan
menganalisis madzhab-madzhab dalam Aswaja dan memedomaninya.
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menghayati
makna paham Ahlussunnah Waljama’ah dan menerapkanya dalam kehidupan
sehari-hari
|
a.
Menjelaskan
latar belakang terbentuknya paham Ahlussunnah Waljama’ah
b.
Menjelaskan
kapan terbentuknya firqah-firqah dalam Islam
c.
Menyebutkan
latar belakang terjadinya perang Sifin
d.
Menyebutkan
orang yang mempopulerkan istilah Ahlussunnah Waljama’ah
e.
Menyebutkan
prinsip yang digunakan Ahlussunnah Waljama’ah
f.
Menjelaskan
prinsip-prinsip Ahlussunnah Waljama’ah
g.
Menyebutkan
ajaran Ahlussunnah Waljama’ah di bidang akidah
h.
Menyebutkan
metode moderat yang digunakan dalam Ahlussunnah Waljama’ah
i.
Menyebutkan
sumber hukum Ahlussunnah Waljama’ah di bidang fiqh
j.
Menyebutkan
cara Ahlussunnah Waljama’ah dalam memahami Al-Qur’an dan Sunnah
k.
Menjelaskan
proses Ahlussunnah Waljama’ah dalam menentukan suatu hukum
l.
Menyebutkan
dasar Ahlussunnah Waljama’ah dalam menentukan nilai suatu sikap atau
perbedaan
m.
Menyebutkan
prinsip-prinsip Ahlussunnah Waljama’ah dalam memahami masalah-masalah
kemasyarakatan
n.
Menyebutkan
paham yang digunakan Ahlussunnah Waljama’ah di bidang fiqh/syari’ah
o.
Menjelaskan
pengertian tashauf di kalangan Ahlussunnah Waljama’ah
p.
Menjelaskan
ajaran Ahlussunnah Waljama’ah di bidang tashauf
q.
Menyebutkan
maqam-maqam pada bidang tashauf menurut Ahlussunnah Waljama’ah
|
2.
|
Mendeskripsikan
pelestarian ajaran Ahlussunnah Waljama’ah dan menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
a.
Menjelaskan
cara penyampaian ajaran Ahlussunnah Wal-jama’ah kepada generasi penerus
b.
Menyebutkan
urutan-urutan generasi yang menerima ajaran Ahlussunnah Waljama’ah
c.
Menjelaskan
tantangan yang dihadapi dalam melestarikan ajaran Ahlussunnah Waljama’ah
d.
Menyebutkan
ilmu-ilmu yang dibutuhkan dalam upaya pengembangan ajaran Islam berhaluan
Ahlussunnah Waljama’ah
e.
Menjelaskan
peranan ulama dalam pewarisan ajaran Islam kepada generasi penerus
f.
Menyebutkan
strategi NU melestarikan paham Ahlus-sunnah Waljama’ah
g.
Menyebutkan
wadah yang didirikan NU dalam memper-kenalkan dan melestarikan paham
Ahlussunnah Waljama’ah
|
3.
|
Mendeskripsikan
firqah-firqah yang berkembang dalam islam
|
a.
Menyebutkan
latar belakang timbulnya perbedaan pen-dapat dikalangan umat Islam
b.
Menjelaskan
sebab-sebab dan proses timbulnya firqah-firqah dalam Islam
c.
Menjelaskan
pengertian Firqah
d.
Menyebutkan
Firqah-firqah yang berpengaruh dalam Islam
e.
Menyebutkan
pengertian firqah yang berpengaruh
f.
Menyebutkan
pandangan firqah-firqah yang berkembang
g.
Menyebutkan
pengertian “ahlu l-‘adl-I wa t-tawhid”yang
berkembang pada kaum Ma’tazilah
h.
Menyebutkan
metode berfikir Asy’ariyah dan Maturidiyah
i.
Menyebutkan
beberapa perbedaan mendasar antara Asy’ariyah dan Maturidiyah
|
4.
|
Mengidentifikasi
posisi dan hubangan Ahlussunnah Waljama’ah diantara firqah-firqah yang ada
|
a.
Menjelaskan
perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah status mukmin dan
kafir
b.
Menjelaskan
perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah kebaikan dan
keburukan
c.
Menjelaskan
perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah ikhtiar manusia
d.
Menjelaskan
perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah kekuasaan Allah SWT
e.
Menjelaskan
perbedaan dan kesamaan paham firqah-firqah dalam masalah sifat Allah SWT
|
5.
|
Menjelaskan
ketentuan-ketentuan bagi seorang mujtahid
|
a.
Menyebutkan
syarat-syarat menjadi mujtahid
b.
Menyebutkan
tingkatan mujtahid
c.
Menyebutkan
pandangan ulama Ahlussunnah Waljama’ah tentang kriteria mujtahid
|
6.
|
Menjelaskan
ijtihad dan taklid, batasan-batsan dan sumber hukumnya
|
a.
Menyebutkan
pengertian ijtihad
b.
Menyebutkan
pengertian ijtihad menurut para sahabat
c.
Menyebutkan
pengertian ijtihad dalam istilah fiqh
d.
Menyebutkan
pengertian ijtihad dalam istilah ushul fiqh
e.
Menyebutkan
dasar hukum ijtihad
f.
Menyebutkan
beberapa dasar yang dipakai sebagai pembenaran ijtihad
g.
Menyebutkan
batsan ijtihad
h.
Menyebutkan
ruang lingkup ijtihad
i.
Menyebutkan
dalil yang menjelaskan tentang sumber hukum Islam
j.
Menyebutkan
cara ijtihad dalam masalah yang tidak di sebutkan secara harfiyah dalam
Al-Qur’an dan As-Sunnah
|
7.
|
Mendeskripsikan
taklid, ittiba’, tarjih dan talfiq
|
a.
Menyebutkan
pengertian taklid secara bahasa dan istilah
b.
Menyebutkan
hukum taklid menurut ajaran Ahlussunnah Waljama’ah
c.
Menyebutkan
pengertian ittiba’, tarjih dan talfiq, baik secara bahasa maupun istilah
d.
Menyebutkan
pandangan ulama ushul fiqh dan fiqh tentang talfiq
|
8.
|
Mengenalisis
madzhab-madzhab yang ada dalam Islam dan dasar pemikiran NU tentang kehidupan
bermadzhab
|
a.
Menyebutkan
macam-macam madzhab
b.
Menyebutkan
imam-imam madzhab
c.
Menjelaskan
pengertian madzhab dan bermadzhab
d.
Menjelaskan
hakekat bermadzhab
e.
Menjelaskan
alasan yang menjadi dasar dalam bermadzhab
f.
Menyebutkan
2 (dua) macam cara bermadzhab
g.
Menyebutkan
bentuk penerapan bermadzhab
h.
Menyebutkan
manfaat mengikuti madzhab
i.
Menyebutkan
pandangan beberapa kelompok ulama tentang madzhab
j.
Menjelaskan
pandangan NU tentang bermadzhab
k.
Menyebutkan
prinsip-prinsip NU dalam bermadzhab
|
9.
|
Menjelaskan
cara-cara penganbilan keputusan hukum di lingkungan NU
|
a.
Menyebutkan
pengertian bahtsul masail
b.
Menyebutkan
fungsi bahtsul masail
c.
Menjelaskan
pengertian bermadzhab secara qauli
d.
Menjelaskan
pengertian bermadzhab secara manhaji
e.
Menjelaskan
cara penerapan madzhab manhaji
f.
Menjelaskan
pengertian istinbat jama’iy
g.
Menyebutkan
tata cara pengambilan keputusan hukum dalam kerangka bermadzhab
h.
Menyebutkan
hasil keputusan Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Kongres NU di Bandar
Lampung
|
0 komentar:
Posting Komentar