STANDAR KOMPETENSI
MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH WAL-JAMA’AH (ASWAJA) DAN KE-NU-AN
JENJANG :
SMA/SMK/MA
KELAS :
XII (Dua Belas)
STANDAR KOMPETENSI :
1.
Kemampuan memahami nilai-nilai dasar NU
2.
Kemampuan mengidentifikasi, menganalisis dan
memedomani perilaku kaum Nahdliyyin dan dalam kehidupan pribadi dan
bermasyarakat
3.
Kemampuan memahami pola kepemimpinan di
lingkungan NU
4.
Kemampuan memahami proses lahirnya Khittah
Nadliyah
5.
Kemampuan menganalisis sejarah dan peran
pondok pensantren dalam penyebaran Islam di Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
1.
|
Mengetahui
dan memahami nilai-nilai dasar NU dan mengimplementasikannya dalam kehidupan
|
a.
Menjelaskan pandangan NU tentang Islam
b.
Menjelaskan keyakinan NU tentang Islam
c.
Menyebutkan Faham yang diyakini NU dan
membedakan dengan paham yang lain
d.
Menyebutkan 2 (dua) aspek madzhab
e.
Menjelaskan landasan berfikir, bersikap dan
berprilaku kaum nahdliyin
f.
Menyebutkan sikap kemasyarakatan NU yang
membeda-kan dengan organisasi lain
g.
Menjelaskan pengertian tawassuth, I’tidal,
tasamuh dan tawadzun
h.
Pengertian amar ma’ruf nahi munkar
i.
Menyebutkan pandangan NU tentang kebangsaan
j.
Menjelaskan pandangn NU tentang kehidupan
berbangsa dan bernegara
k.
Menyebutkan prinsip-prinsip kehidupan
berbangsa dan bernegara menurut NU
l.
Menjelaskan pandangan NU tentang NKRI
m.
Menjelaskan pandangan NU tentang pluralitas
bangsa
n.
Menyebutkan pedoman-pedoman NU dalam
mengeluarkan hak politiknya
o.
Menjelaskan pandangan NU tentang hukum
p.
Memberikan komentar pandangan NU terhadap
pendidikan
q.
Menganalisis pandangan NU tentang ilmu
pengetahuan dan teknologi
r.
Menjelaskan pandangan NU tentang
pemberdayaan ekonomi
s.
Menyebutkan usaha-usaha yang dilakukan NU
dalam mem-bangun ekonomi yang lebih adil dan merata dan bisa mencontohnya
|
2.
|
Menerapkan
perilaku warga NU dalam kehidupan sehari-hari
|
a.
Menyebutkan ciri prilaku keagamaan NU
b.
Menyebutkan ciri prilaku keagamaan NU di
bidang akidah
c.
Menyebutkan ciri prilaku keagamaan NU di
bidang fiqh/syari’ah
d.
Menyebutkan ciri prilaku NU di bidang
akhlak/tasyawuf
e.
Menyebutkan ciri prilaku kemasyarakatan NU
f.
Menyebutkan pengertian butir-butir prilaku
kemasyarakatan NU
g.
Menjelaskan prinsip-prinsip NU tentang
kehidupan ekonomi
h.
Menjelaskan pengertian al-adalah, at-ta’awun,
al-istiqomah
i.
Menyebutkan ciri prilaku NU di bidang
politik
j.
Menyebutkan ciri prilaku NU di bidang
budaya
k.
Menyebutkan prilaku sebagai warga NU
|
3.
|
Menerapkan
ukhuwah Nahdliyah
|
a.
Menjelaskan pengertian ukhuwah nahdliyah
b.
Menjelaskan penjabaran ukhuwah di bidang
sosial
c.
Menjelaskan pengertian ukhuwah islamiah dan
ukhuwah wathaniyah
d.
Menyebutkan kendala dan hambatan yang
sering muncul dalam pengembangan wawasan ukhuwah
e.
Menyebutkan pandangan NU dalam melestarikan
ukhuwah
|
4.
|
Mendeskripsikan
pola kepemimpinan NU sebagai pedoman berorganisasi
|
a.
Menjelaskan hubungan NU dengan ulama-ulama
Pon-Pes
b.
Menyebutkan fungsi pondok pesantren bagi NU
c.
Menjelaskan kedudukan ulama dalam NU
d.
Menjelaskan latar belakang berdirinya NU
e.
Menyebutkan peran dan fungsi ulama menurut
NU
|
5.
|
Menganalisis
kedudukan khittah nahliyah dan mampu sosialisasikannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
a.
Menjelaskan pengertian dan subtansi Khittah
Nahdliyyah
b.
Menjelaskan latar belakang Khittah
Nahdliyyah
c.
Menjelaskan tujuan Khittah Nahdliyyah
d.
Menyebutkan butir-butir khittah Nahdliyyah
yang dihasilkan pada Muktamar NU XXVII tahun 1984
e.
Menjelaskan strategi NU dalam
mensosialisasikan Khittah Nahdliyyah
f.
Menyebutkan rumusan-rumusan ikhtiar NU
tentang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
g.
Menyebutkan pandangan NU tentang persatuan
dan kesatuan
|
6.
|
Menganalisis
peran dan fungsi pondok pesantren dan ulama dalam pengembangan syariat Islam
dan memedomaninya
|
a.
Menyebutkan pendiri pondok pesantren yang
pertama
b.
Menyebutkan kegiatan-kegiatan yang
dilakukan di pondok pesantren pada masa-masa awal berdirinya
c.
Menyebutkan 2 (dua) macam santri yang
belajar di ponpes
d.
Menyebutkan tujuan utama didirikannya
ponpes
e.
Menyebutkan elemen-elemen yang harus
dimiliki setiap ponpes
f.
Menjelaskan tradisi ponpes
g.
Menyebutkan bentuk pengajaran di lingkungan
ponpes
h.
Menyebutkan kurukulum yang digunakan di
ponpes
i.
Menyebutkan pendekatan yang digunakan
ponpes
j.
Menjelaskan pengertian ponpes
k.
Menyebutkan fungsi ponpes
l.
Menjelaskan perkembangan ponpes
m.
Menyebutkan model/tipe ponpes yang ada
sekarang
n.
Menyebutkan cirri-ciri khusus ponpes
|
7.
|
Mendeskripsikan
perjuangan NU setelah kembali ke khittah 1926 dan visi, misi dan orientasi NU
dalam memperjuangkan Islam di Indonesia
|
a.
Menjelaskan visi perjuangan NU
b.
Menyebutkan proses kembalinya NU ke khittah
c.
Menjelaskan misi NU dalam memperjuangkan
Islam
d.
Menjelaskan visi NU dibidang politik dan
sosial kemasya-rakatan
e.
Menyebutkan keputusan Muktamar NU XXVII di
situbondo
f.
Menjelaskan pandangan NU tentang perjuangan
dalam menegakan Islam
g.
Menyebutkan pengertian kaidah ushuliyah
h.
Menyebutkan 5 (lima) kaidah pokok ushuliyah
i.
Menyebutkan pengertian kaidah fiqhiyah
j.
Menyebutkan beberapa contoh kaidah fiqhiyah
k.
Menyebutkan pengertian kaidah mukhtalafah
l.
Menyebutkan beberapa contoh kaidah
mukhtalafah
m.
Menyebutkan hubungan antara dalil nash dengan
kaidah fiqhiyah
|
8.
|
Menerapkan
tradisi dzikir dan do’a yang terpelihara di lingkungan NU
|
a.
Menjelaskan pengertian dzikir dan do’a
b.
Hafal dan menulis ayat dan hadist tentang
dzikir dan do’a
c.
Menjelaskan tat cara bardo’a
d.
Menyebutkan waktu yang baik untuk berdzikir
dan berdo’a
e.
Menjelaskan pengertian istighatsah
f.
Terbiasa melakukan dzikir dan do’a
g.
Menyebutkan pengertian pujian
h.
Menyebutkan bacaan pujian
i.
Menyebutkan keutamaan shalawat kepada Nabi
j.
Menyebutkan waktu yang utama untuk
bershalawat
k.
Menyebutkan tata cara dan macam-macam
shalawat
l.
Menyebutkan contoh shalawat yang pendek dan
sedang
m.
Membaca dengan benar shalawat pendek dan
sedang
n.
Mengartikan bacaan shalawat
o.
Menjelaskan tujuan membaca shalawat
p.
Terbiasa mengamalkan puji-pujian
q.
Menjelaskan pengertian diba’an
r.
Menjelaskan tujuan diba’an
s.
Menyebutkan tata cara dan adab diba’an
t.
Menjelaskan tradisi diba’an warga NU
u.
Terbiasa melakukan diba’an
|
9.
|
Mengamalkan
amaliyah ibadah yang dianut NU
|
a.
Menjelaskan pengertian niat
b.
Menjelaskan pentingnya niat
c.
Menjelaskan pengertian qunut
d.
Menyebutkan macam-macam qunut
e.
Mempraktekan qunut
f.
Menjelaskan pengertian shalat tarawih
g.
Menyebutkan tata cara shalat tarawih dan
witir
h.
Mempraktekan shalat tarawih dan witir
i.
Menyebutkan pengertian talqin
j.
Menyebutkan tata cara talqin
k.
Mempraktekan talqin
l.
Menjelaskan hukum talqin menurut
Ahlussunnah Waljama’ah
m.
Menjelaskan dasar hukum talqin menurut
ulama Ahlussunnah Waljama’ah
n.
Menjelaskan hukum ziarah kubur menurut
kesepakatan ulama
o.
Menjelaskan tujuan ziarah kubur
p.
Menjelaskan adab ziarah kubur
q.
Menjelaskan pengertian tahlil dan dapat
membacanya dengan benar
r.
Istiqamah dalam menerapkan amaliah
nahdliyah
|
ok
BalasHapus