Rabu, 13 Maret 2013

Silabus Pendidikan Aswaja SMA/SMK Kelas XII


STANDAR KOMPETENSI
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AHLUSSUNNAH WAL-JAMA’AH (ASWAJA) DAN KE-NU-AN

JENJANG                            : SMA/SMK/MA
KELAS                                 : XII (Dua Belas)

STANDAR KOMPETENSI :
1.       Kemampuan memahami nilai-nilai dasar NU
2.       Kemampuan mengidentifikasi, menganalisis dan memedomani perilaku kaum Nahdliyyin dan dalam kehidupan pribadi dan bermasyarakat
3.       Kemampuan memahami pola kepemimpinan di lingkungan NU
4.       Kemampuan memahami proses lahirnya Khittah Nadliyah
5.       Kemampuan menganalisis sejarah dan peran pondok pensantren dalam penyebaran Islam di Indonesia

NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1.        
Mengetahui dan memahami nilai-nilai dasar NU dan mengimplementasikannya dalam kehidupan
a.       Menjelaskan pandangan NU tentang Islam
b.       Menjelaskan keyakinan NU tentang Islam
c.       Menyebutkan Faham yang diyakini NU dan membedakan dengan paham yang lain
d.       Menyebutkan 2 (dua) aspek madzhab
e.       Menjelaskan landasan berfikir, bersikap dan berprilaku kaum nahdliyin
f.        Menyebutkan sikap kemasyarakatan NU yang membeda-kan dengan organisasi lain
g.       Menjelaskan pengertian tawassuth, I’tidal, tasamuh dan tawadzun
h.       Pengertian amar ma’ruf nahi munkar
i.         Menyebutkan pandangan NU tentang kebangsaan
j.         Menjelaskan pandangn NU tentang kehidupan berbangsa dan bernegara
k.       Menyebutkan prinsip-prinsip kehidupan berbangsa dan bernegara menurut NU
l.         Menjelaskan pandangan NU tentang NKRI
m.    Menjelaskan pandangan NU tentang pluralitas bangsa
n.       Menyebutkan pedoman-pedoman NU dalam mengeluarkan hak politiknya
o.       Menjelaskan pandangan NU tentang hukum
p.       Memberikan komentar pandangan NU terhadap pendidikan
q.       Menganalisis pandangan NU tentang ilmu pengetahuan dan teknologi
r.        Menjelaskan pandangan NU tentang pemberdayaan ekonomi
s.        Menyebutkan usaha-usaha yang dilakukan NU dalam mem-bangun ekonomi yang lebih adil dan merata dan bisa mencontohnya
2.        
Menerapkan perilaku warga NU dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menyebutkan ciri prilaku keagamaan NU
b.       Menyebutkan ciri prilaku keagamaan NU di bidang akidah
c.       Menyebutkan ciri prilaku keagamaan NU di bidang fiqh/syari’ah
d.       Menyebutkan ciri prilaku NU di bidang akhlak/tasyawuf
e.       Menyebutkan ciri prilaku kemasyarakatan NU
f.        Menyebutkan pengertian butir-butir prilaku kemasyarakatan NU
g.       Menjelaskan prinsip-prinsip NU tentang kehidupan ekonomi
h.       Menjelaskan pengertian al-adalah, at-ta’awun, al-istiqomah
i.         Menyebutkan ciri prilaku NU di bidang politik
j.         Menyebutkan ciri prilaku NU di bidang budaya
k.       Menyebutkan prilaku sebagai warga NU
3.        
Menerapkan ukhuwah Nahdliyah
a.       Menjelaskan pengertian ukhuwah nahdliyah
b.       Menjelaskan penjabaran ukhuwah di bidang sosial
c.       Menjelaskan pengertian ukhuwah islamiah dan ukhuwah wathaniyah
d.       Menyebutkan kendala dan hambatan yang sering muncul dalam pengembangan wawasan ukhuwah
e.       Menyebutkan pandangan NU dalam melestarikan ukhuwah
4.        
Mendeskripsikan pola kepemimpinan NU sebagai pedoman berorganisasi
a.       Menjelaskan hubungan NU dengan ulama-ulama Pon-Pes
b.       Menyebutkan fungsi pondok pesantren bagi NU
c.       Menjelaskan kedudukan ulama dalam NU
d.       Menjelaskan latar belakang berdirinya NU
e.       Menyebutkan peran dan fungsi ulama menurut NU
5.        
Menganalisis kedudukan khittah nahliyah dan mampu sosialisasikannya dalam kehidupan sehari-hari
a.       Menjelaskan pengertian dan subtansi Khittah Nahdliyyah
b.       Menjelaskan latar belakang Khittah Nahdliyyah
c.       Menjelaskan tujuan Khittah Nahdliyyah
d.       Menyebutkan butir-butir khittah Nahdliyyah yang dihasilkan pada Muktamar NU XXVII tahun 1984
e.       Menjelaskan strategi NU dalam mensosialisasikan Khittah Nahdliyyah
f.        Menyebutkan rumusan-rumusan ikhtiar NU tentang kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
g.       Menyebutkan pandangan NU tentang persatuan dan kesatuan
6.        
Menganalisis peran dan fungsi pondok pesantren dan ulama dalam pengembangan syariat Islam dan memedomaninya
a.       Menyebutkan pendiri pondok pesantren yang pertama
b.       Menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan di pondok pesantren pada masa-masa awal berdirinya
c.       Menyebutkan 2 (dua) macam santri yang belajar di ponpes
d.       Menyebutkan tujuan utama didirikannya ponpes
e.       Menyebutkan elemen-elemen yang harus dimiliki setiap ponpes
f.        Menjelaskan tradisi ponpes
g.       Menyebutkan bentuk pengajaran di lingkungan ponpes
h.       Menyebutkan kurukulum yang digunakan di ponpes
i.         Menyebutkan pendekatan yang digunakan ponpes
j.         Menjelaskan pengertian ponpes
k.       Menyebutkan fungsi ponpes
l.         Menjelaskan perkembangan ponpes
m.    Menyebutkan model/tipe ponpes yang ada sekarang
n.       Menyebutkan cirri-ciri khusus ponpes
7.        
Mendeskripsikan perjuangan NU setelah kembali ke khittah 1926 dan visi, misi dan orientasi NU dalam memperjuangkan Islam di Indonesia
a.       Menjelaskan visi perjuangan NU
b.       Menyebutkan proses kembalinya NU ke khittah
c.       Menjelaskan misi NU dalam memperjuangkan Islam
d.       Menjelaskan visi NU dibidang politik dan sosial kemasya-rakatan
e.       Menyebutkan keputusan Muktamar NU XXVII di situbondo
f.        Menjelaskan pandangan NU tentang perjuangan dalam menegakan Islam
g.       Menyebutkan pengertian kaidah ushuliyah
h.       Menyebutkan 5 (lima) kaidah pokok ushuliyah
i.         Menyebutkan pengertian kaidah fiqhiyah
j.         Menyebutkan beberapa contoh kaidah fiqhiyah
k.       Menyebutkan pengertian kaidah mukhtalafah
l.         Menyebutkan beberapa contoh kaidah mukhtalafah
m.    Menyebutkan hubungan antara dalil nash dengan kaidah fiqhiyah
8.        
Menerapkan tradisi dzikir dan do’a yang terpelihara di lingkungan NU
a.       Menjelaskan pengertian dzikir dan do’a
b.       Hafal dan menulis ayat dan hadist tentang dzikir dan do’a
c.       Menjelaskan tat cara bardo’a
d.       Menyebutkan waktu yang baik untuk berdzikir dan berdo’a
e.       Menjelaskan pengertian istighatsah
f.        Terbiasa melakukan dzikir dan do’a
g.       Menyebutkan pengertian pujian
h.       Menyebutkan bacaan pujian
i.         Menyebutkan keutamaan shalawat kepada Nabi
j.         Menyebutkan waktu yang utama untuk bershalawat
k.       Menyebutkan tata cara dan macam-macam shalawat
l.         Menyebutkan contoh shalawat yang pendek dan sedang
m.    Membaca dengan benar shalawat pendek dan sedang
n.       Mengartikan bacaan shalawat
o.       Menjelaskan tujuan membaca shalawat
p.       Terbiasa mengamalkan puji-pujian
q.       Menjelaskan pengertian diba’an
r.        Menjelaskan tujuan diba’an
s.        Menyebutkan tata cara dan adab diba’an
t.        Menjelaskan tradisi diba’an warga NU
u.       Terbiasa melakukan diba’an
9.        
Mengamalkan amaliyah ibadah yang dianut NU
a.       Menjelaskan pengertian niat
b.       Menjelaskan pentingnya niat
c.       Menjelaskan pengertian qunut
d.       Menyebutkan macam-macam qunut
e.       Mempraktekan qunut
f.        Menjelaskan pengertian shalat tarawih
g.       Menyebutkan tata cara shalat tarawih dan witir
h.       Mempraktekan shalat tarawih dan witir
i.         Menyebutkan pengertian talqin
j.         Menyebutkan tata cara talqin
k.       Mempraktekan talqin
l.         Menjelaskan hukum talqin menurut Ahlussunnah Waljama’ah
m.    Menjelaskan dasar hukum talqin menurut ulama Ahlussunnah Waljama’ah
n.       Menjelaskan hukum ziarah kubur menurut kesepakatan ulama
o.       Menjelaskan tujuan ziarah kubur
p.       Menjelaskan adab ziarah kubur
q.       Menjelaskan pengertian tahlil dan dapat membacanya dengan benar
r.        Istiqamah dalam menerapkan amaliah nahdliyah

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar